Pengetahuan Dasar Komputer


1.1. Konsep Komputer

Banyak pendapat tentang definisi dari kata kumputer”, yang nantinya berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan teknologi Informasi.

1. Istilah dari computer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung” (to compute atau reckon).



Ø  Dipandang dari sisi bahasa :

1.   Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer terdapat ke dalam penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi "orang yang menghitung", kemudian menjelang 1897 juga didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung.
2.  Dalam bahasa Perancis kata komputer, disebut sebagai istilah "ordinateur", yang berarti kira-kira "organisator", atau "memisahkan mesin".
3.   Di Spanyol disebut "ordenador", dengan arti sama, walaupun di beberapa negara digunakan kata Anglicism computadora.
4.     Dalam bahasa Itali, computer ialah "calcolatore", kalkulator, menekankannya computasional menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran.
5.      Dalam bahasa Swedia, computer dipanggil "dator" dari "data", yang pada era tahun 1950-an, diberi nama "matematik maskin" (mesin matematika).
6.      Dalam Bahasa Cina, computer dipanggil "diannow" atau suatu "otaklistrik".
7.      Oxford English Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisikan Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.



Ø  PANDANGAN DARI PARA AHLI :

1.   Menurut V.C.Hamacher dalam bukunya Computer Organization”, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2.  Menurut Robert H. Blissmer(1985), dalam bukunya Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
·         Menerima input
·         memproses input tadi sesuai dengan programnya
·         Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·         Menyediakan output dalam bentuk informasi.
3.   Sedangkan William M. Fuori dalam bukunya Introduction To The Computer, The Tool Of Business”, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
4.   Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan datainput, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori.



Dari definisi diatas, maka dapat ditarik kesimpulan:
§  Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran output) berupa informasi.

§  Sistem Komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen (Hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.



Adanya Interaksi antar komponen tersebut  membentuk sebuah sistem computer


 
 Gambar Sistem Komputer

 Gambaran Perangkat Komputer


Hal lain yang berhubungan dengan istilah computer adalah Teknologi Informasi (TI), namun sudah menjadi definisi umum bahwa istilah teknologi informas identik dengan komputer. Pada intinya istilah Teknologi Informasi (Information Technology / IT) adalah teknologi yang memanfaatkan computer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Pengolahan data dengan computer tersebut juga dikenal dengan istilah Pengolahan data Elektronik (PDE) / Electronic Data Processing (EDP), yang didefinisikan sebagai proses manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berguna berupa informasi dengan menggunakan komputer.



1.2. Ilmu Komputer

CSAB (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) mendefinisikan Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
·         Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem
·         Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
·         Metodologidesain, algoritma, dantool untukmerealisasikannya
·         Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.


Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Dennings juga mengklasifikasi bidang  ilmu komputer yang terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :
  • Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures)
  • Arsitektur (Architecture)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
  • Artificial Intelligence danRobotik (Artificial Intelligence and Robotics)
  • Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)
  • Organisasi Informatika (Organizational Informatics)
  • Bahasa Pemrograman (Programming Languages)
  • Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks)
  • Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems)
  • Grafika Komputer (Computer graphics)
  • Ilmu Komputasi (Computational Sciences)
  • BioInformatik (BioInformatics)



A. Keterkaitan Bidang Ilmu Komputer

Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang seperti :
1.      Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
2. Rekayasa Perangkat Lunak menekankan analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru.
4.     Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.
5.  Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk kriptografi).



B. Manfaat Komputer

1.1. Bidang Pendidikan
Penggunaan computer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan computer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai TUTOR, computer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, computer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga digunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE computer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan computer yang bisaa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Sebagai misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan elektronik(e-library) atau buku elektronik (e-book). Dengan Internet kita bisa mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan sebagainya.
Bahkan kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan elektroniclearning (e-learning).
Bahkan saat ini dibeberapa negera telah menerapkan pembelajarannya lewat internet atau semacam universitas terbuka. Kita bisa belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan gambar juga bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video conference (teleconference).



1.2. Bidang Industri dan Manufaktur
Dibidang industri, computer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, missal sebuah mesin serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan control komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh computer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh computer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol oleh komputer.



1.3. Bidang Bisnis dan Perbankan
Dibidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan system informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan barang dan jasa baik besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Diperusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan control computer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dar iruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.
Di bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle, yang memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.



1.4. Bidang Teknik dan  Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan  membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini bisaanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para ahli bisaanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.



1.5. Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,  untuk  melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.



1.6. Bidang Kedokteran
Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif  untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.    Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA,  yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.



1.7. Bidang Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya. Sistem computer lain yang digunakan untuk bidang kriminalitas adalah:
1.  PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untukdibawa kepengadilan.
2.    CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan tampil dilayer komputer.
3.    MOTION (Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
4.     ARJIS (Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.



1.8. Bidang Entertainment dan Games
Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan penelitian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games).
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan kartu.



1.9. Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Dengan adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang bisaa disebut dengan internet, rasanya manusia yang menggunakan internet seolah bisa menggengam dunia. Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkanaudiovisual secara langsung.
Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya; informasi berita, sekolah, bukudan perpustakaan, kencandan perjodohan, belanja atau pembayaran on-line, chatting, memutar radio, video, musik, bermain games,saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling, periklanan, dan bahkan merusak computer orang laind ari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.



1.10. Bidang Pemerintahan
Hampir setiap perkantoran atau suatu instansi pemerintahan telah menggunakan komputer. Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk,  perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain.
Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Bahkan saat ini dengan adanya e-government, computer memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan pariwisata, dan sebagainya.
Dimungkinkan bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan dating akan digunakan untuk pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum (E-voting) Selain itu masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada para eksekutif dan legislatif pemerintah melalui e-mail atau elektronik forum melalui web yang dibangun pemerintah setempat




1.3. Kemampuan Komputer

Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi adalah kemampuan utama yang dimiliki komputer. Selain itu kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang sangat luar bisaa. Kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki computer adalah kecepatan mengirim data dalam format apapun antar computer dalam jaringan wilayahl okal, regional, maupun global.



Kecepatan akses data dalam sebuah operasi computer dinyatakan dalam satuan seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond(ps). Satuan Picosecond (ps) merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer.

Tabel satuan waktu kecepatan proses komputer

Tabel satuan kapasitas memori komputer

Komputer juga memilik isatuan kapasitas penyimpanan ingatan (memory). Saat ini penyimpanan luar seperti harddisk telah diproduksi dengan kapasitas memori ratusan GB (GigaByte).


1.   Keunggulan-keunggulan komputer seperti disebutkan diatas tidak semata-mata bahwa manusia kalah dengan kemampuan komputer. Bila dilakukan pembandingan kemampuan komputer dengan manusia.

Tabel perbandingan kemampuan manusia dengan komputer


1.4. Perkembangan Gaya Komputasi

Gaya komputasi (Computing Style) dapat didefinisikan sebagai perkembangan gaya-gaya komputasi yang terjadi pada suatu masa tertentu. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Gartner Group, gaya-gaya komputasi terbagi menjadi Punch-Card Computing, Mainframe / Midrange Computing, Client / Server), dan Internet / Network Computing. Secara skematis gaya-gaya tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini


1.5. Karakteristik Komputer

Ø  Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga computer dalam melakukan aktifitasnya akan bersifat statis.
Ø  Komputer mampu menyimpand ata yang besar dan dalam waktu yang lama,dan sifat data yang disimpan bersifat dinamis, diamana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki.
Ø  Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat dalam hitungan detik bahkan milidetik meskipun jumlah data sangat besar. Bahkan pengurutan dengan computer bisa dilakukan secara menaik (ascending) atau pengurutan menurun (descending) dalam waktu sekejap.
Ø  Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer yang berkembang saat ini dalam perhitungan aritmatik computer sanggup melakukan perhitungan sampai jutaan triliun dengan angka decimal yang bisa dikatakan tak terhingga.
Ø  Komputer juga. Mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu yang cepat.

B. Keterbatasan Komputer
Ø  Tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir akan diikuti atas perasaan dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi senang, sedih, dan sebagainya, sehingga dalam pengambilan keputusan manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja.
Ø  Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran.
Ø  Data yang tersimpan dalam computer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi pelindung program atau password. Seperti terjadinya pemalsuant ransaksi seperti di perbankan dan pembobolan kartu kredit.


Share this post :

Posting Komentar

komentar anda sangat kami butuhkan, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.!

 
Support : Raflyzea Agara | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Raflyzea.agara - All Rights Reserved
Template Created by Raflyzea Agara Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger