Banyak pendapat tentang definisi dari kata “kumputer”, yang nantinya
berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan teknologi
Informasi.
Ø Dipandang dari sisi
bahasa :
1. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata komputer terdapat ke dalam
penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi "orang
yang menghitung", kemudian menjelang 1897 juga didefinisikan untuk
mesin yang bisa menghitung.
2. Dalam bahasa Perancis
kata komputer, disebut sebagai istilah "ordinateur", yang
berarti kira-kira "organisator", atau "memisahkan
mesin".
3. Di Spanyol disebut
"ordenador", dengan arti sama, walaupun di beberapa negara
digunakan kata Anglicism computadora.
4. Dalam bahasa Itali,
computer ialah "calcolatore", kalkulator, menekankannya
computasional menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran.
5. Dalam bahasa Swedia,
computer dipanggil "dator" dari "data", yang pada
era tahun 1950-an, diberi nama "matematik maskin" (mesin
matematika).
6. Dalam Bahasa Cina, computer
dipanggil "diannow" atau suatu "otaklistrik".
7. Oxford English
Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisikan Komputer adalah
suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan
operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.
Ø PANDANGAN DARI PARA
AHLI :
1. Menurut V.C.Hamacher
dalam bukunya “Computer Organization”, komputer adalah
mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input
digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2. Menurut Robert
H. Blissmer(1985), dalam bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik
yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
·
Menerima input
·
memproses input tadi sesuai dengan programnya
·
Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·
Menyediakan output dalam bentuk informasi.
3. Sedangkan William
M. Fuori dalam bukunya “Introduction To The
Computer, The Tool Of Business”, berpendapat bahwa komputer adalah
suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat,
termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari
manusia.
4. Menurut Sanders
(1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis
menerima dan menyimpan datainput, memprosesnya, dan menghasilkan output
berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori.
Dari definisi diatas,
maka dapat ditarik kesimpulan:
§ Komputer adalah seperangkat
elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya
melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran output)
berupa informasi.
§ Sistem Komputer adalah kumpulan dari
elemen-elemen (Hardware, software, brainware) yang saling berhubungan
(terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan
tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.
Adanya Interaksi
antar komponen tersebut membentuk sebuah
sistem computer
Hal lain yang berhubungan dengan
istilah computer adalah Teknologi Informasi (TI), namun sudah menjadi definisi
umum bahwa istilah teknologi informas identik dengan komputer. Pada intinya
istilah Teknologi Informasi (Information Technology / IT) adalah
teknologi yang memanfaatkan computer sebagai perangkat utama untuk mengolah
data menjadi informasi yang bermanfaat. Pengolahan data dengan computer
tersebut juga dikenal dengan istilah Pengolahan data Elektronik (PDE) / Electronic
Data Processing (EDP), yang didefinisikan sebagai proses manipulasi data
kedalam bentuk yang lebih berguna berupa informasi dengan menggunakan komputer.
1.2. Ilmu Komputer
CSAB (Computing
Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) mendefinisikan Ilmu
Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan
komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan
komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
·
Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem
·
Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
·
Metodologidesain, algoritma, dantool untukmerealisasikannya
·
Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah
sesuai dengan requirement yang diminta.
Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu
Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan
dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori,
analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada
padanya. Dennings juga mengklasifikasi bidang ilmu komputer yang terbagi dalam 12 subbidang
(versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :
- Algoritma
dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures)
- Arsitektur
(Architecture)
- Rekayasa
Perangkat Lunak (Software Engineering)
- Artificial
Intelligence danRobotik (Artificial Intelligence and Robotics)
- Interaksi
manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)
- Organisasi
Informatika (Organizational Informatics)
- Bahasa
Pemrograman (Programming Languages)
- Sistem
Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks)
- Database
dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems)
- Grafika
Komputer (Computer graphics)
- Ilmu
Komputasi (Computational Sciences)
- BioInformatik
(BioInformatics)
A. Keterkaitan Bidang Ilmu Komputer
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang seperti :
1. Ilmu Informasi adalah ilmu yang
mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi,
menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai
dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
2. Rekayasa
Perangkat Lunak menekankan analisa, desain, dan
konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru.
3. Sistem Informasi adalah aplikasi
komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan
perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
Sistem
Informasi Manajemen adalah kunci dari
bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen.
4. Rekayasa Komputer adalah ilmu yang
mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.
5. Keamanan
Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari
keamanan sistem informasi (termasuk kriptografi).
B. Manfaat Komputer
1.1. Bidang Pendidikan
Penggunaan computer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE
(Computer Based Education). Menurut pendapat Robert Taylor,
peranan computer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan
TUTEE. Sebagai TUTOR, computer berperanan sebagai pengajar melalui
pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, computer menjadi alat
untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran
berintergrasikan komputer. Komputer juga digunakan untuk melakukan pengolahan
data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan,
beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE computer berperanan sebagai alat yang
diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan computer yang bisaa
disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Sebagai misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan
menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan
elektronik(e-library) atau buku elektronik (e-book). Dengan Internet
kita bisa mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper,
majalah, surat kabar, dan sebagainya.
Bahkan kita juga bisa
melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan elektroniclearning
(e-learning).
Bahkan saat ini dibeberapa negera telah menerapkan pembelajarannya
lewat internet atau semacam universitas terbuka. Kita bisa belajar lewat
buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan
gambar juga bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara
video conference (teleconference).
1.2. Bidang Industri dan Manufaktur
Dibidang industri, computer dipergunakan untuk mengontrol
mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer
Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer
Aided Manufacture), CAD (Computer
Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang
akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, missal sebuah mesin serba
guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen
dilengkapi dengan control komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat
border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan
robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri
yang dikontrol oleh computer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya
tangan robot dikontrol oleh computer digunakan untuk memasang komponen-komponen
renik dan chip-chip pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada
perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain sebagainya. Bahkan
merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain telah dikontrol oleh
komputer.
1.3. Bidang Bisnis dan Perbankan
Dibidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan
sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil
dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Sistem Informasi Manajemen
(SIM) / Management Information system (MIS), merupakan system informasi
yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan
barang dan jasa baik besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Diperusahaan
dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin
kasir) yang dilengkapi dengan control computer sehingga mesin tersebut dapat
dikontrol oleh pihak manajer hanya dar iruangan kerjanya secara cepat dan
tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi
laba, inventori dan sebagainya.
Di bidang perbankan,
telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle, yang memberikan
solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan,
bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya
merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.
1.4. Bidang Teknik
dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang
sulit dan membutuhkan presisi tinggi
yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini bisaanya digunakan untuk
keperluan penelitian dan riset. Para ahli bisaanya akan mengadakan simulasi
dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya,
misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model atom dan molekul.
Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya
mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak
yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja
pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung
presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan
untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
1.5. Bidang Penerbangan
dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk
mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat,
mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan
kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik
dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata
atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk
melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi
rahasia militer.
1.6. Bidang Kedokteran
Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa
manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa
penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian
dalam yang sulit dilihat.Sistem CAT (Computerized Axial Tomography)
untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang
tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak
menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat
gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission
Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas
radiokatif untuk mendeteksi
partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah
PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang
menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear
Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus
(pusat atom) dari atom hydrogen.
Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus
memberi obat.
1.7. Bidang Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system,
yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari
fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi
pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya. Sistem computer
lain yang digunakan untuk bidang kriminalitas adalah:
1. PROMIS (Prosecutor-Offender
management Information System), yang dapat memberikan informasi mengenai
masalah-masalah kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan
informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untukdibawa kepengadilan.
2. CATCH (Computer-Assisted
Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi mengenai deskripsi secara
mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan tampil dilayer komputer.
3. MOTION (Metropolitan
Orleans Total Information Online Network), menyediakan informasi tentang
orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi, nama samaran,
sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
4. ARJIS (Automated
Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan
tingkah laku pelaku kriminal.
1.8. Bidang Entertainment dan Games
Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang
pekerjaaan dan penelitian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang
entertainment dan permainan (games).
Bidang entertainment
misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain
musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games)
tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special
efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Atau
kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan
kartu.
1.9. Bidang Komunikasi Jaringan Global
(Internet)
Dengan adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang bisaa
disebut dengan internet, rasanya manusia yang menggunakan internet seolah bisa “menggengam dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan
tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet
manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara,
bahkanaudiovisual secara langsung.
Pengguna internet
bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya; informasi berita,
sekolah, bukudan perpustakaan, kencandan perjodohan, belanja atau pembayaran on-line,
chatting, memutar radio, video, musik, bermain games,saling menukar
informasi dan data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling,
periklanan, dan bahkan merusak computer orang laind ari jarak jauh, pesan kamar
hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
1.10. Bidang Pemerintahan
Hampir setiap perkantoran atau suatu instansi pemerintahan telah
menggunakan komputer. Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data
administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services),
pengolahan dan dokumentasi data penduduk,
perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government adalah
penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara
Pemerintah dan pihak-pihak lain.
Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan
bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to
Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Bahkan
saat ini dengan adanya e-government, computer memiliki peran yang sangat
penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan,
melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar pemerintah,
masyarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan pariwisata,
dan sebagainya.
Dimungkinkan bahwa
teknologi informasi dalam masa yang akan dating akan digunakan untuk pengambilan
keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum (E-voting) Selain itu
masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada para eksekutif dan
legislatif pemerintah melalui e-mail atau elektronik forum melalui web yang
dibangun pemerintah setempat
1.3. Kemampuan Komputer
Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan
informasi adalah kemampuan utama yang dimiliki komputer. Selain itu kemampuan
kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk
saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang sangat luar bisaa.
Kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki computer adalah kecepatan mengirim data
dalam format apapun antar computer dalam jaringan wilayahl okal, regional,
maupun global.
Kecepatan akses data dalam sebuah operasi
computer dinyatakan dalam satuan seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms),
Nanosecond (ns), Picosecond(ps). Satuan Picosecond (ps) merupakan
satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer.
Tabel satuan waktu
kecepatan proses komputer
Tabel satuan kapasitas memori komputer
Komputer juga memilik
isatuan kapasitas penyimpanan ingatan (memory). Saat ini penyimpanan
luar seperti harddisk telah diproduksi dengan kapasitas memori ratusan
GB (GigaByte).
1. Keunggulan-keunggulan komputer seperti
disebutkan diatas tidak semata-mata bahwa manusia kalah dengan kemampuan
komputer. Bila dilakukan pembandingan kemampuan komputer dengan manusia.
Tabel perbandingan kemampuan manusia
dengan komputer
1.4. Perkembangan Gaya Komputasi
Gaya komputasi (Computing Style) dapat didefinisikan
sebagai perkembangan gaya-gaya komputasi yang terjadi pada suatu masa tertentu.
Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Gartner Group, gaya-gaya komputasi
terbagi menjadi Punch-Card Computing, Mainframe / Midrange Computing, Client
/ Server), dan Internet / Network Computing. Secara skematis
gaya-gaya tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini
1.5. Karakteristik Komputer
Ø Komputer tidak
mempunyai perasaan atau emosi, sehingga computer dalam melakukan aktifitasnya
akan bersifat statis.
Ø Komputer mampu
menyimpand ata yang besar dan dalam waktu yang lama,dan sifat data yang
disimpan bersifat dinamis, diamana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan
dan pembaharuan jika dikehendaki.
Ø Komputer bisa
melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat dalam hitungan
detik bahkan milidetik meskipun jumlah data sangat besar. Bahkan pengurutan
dengan computer bisa dilakukan secara menaik (ascending) atau pengurutan
menurun (descending) dalam waktu sekejap.
Ø Komputer mampu
mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan
aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan presisi yang
mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer yang berkembang saat ini dalam
perhitungan aritmatik computer sanggup melakukan perhitungan sampai jutaan
triliun dengan angka decimal yang bisa dikatakan tak terhingga.
Ø Komputer juga. Mampu
menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu yang
cepat.
B. Keterbatasan
Komputer
Ø Tidak bisa berpikir
secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir akan diikuti atas perasaan
dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi senang, sedih, dan sebagainya, sehingga
dalam pengambilan keputusan manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan
(hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja.
Ø Pekerjaan yang
dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak
tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran.
Ø Data yang tersimpan
dalam computer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan bisa
diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi
pelindung program atau password. Seperti terjadinya pemalsuant ransaksi
seperti di perbankan dan pembobolan kartu kredit.
Posting Komentar
komentar anda sangat kami butuhkan, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.!