5 Fitur Canggih di Sejumlah Mobil Terbaru

5 Fitur Canggih di Sejumlah Mobil Terbaru

5 Fitur Canggih di Sejumlah Mobil Terbaru
 Sejumlah pabrikan terus berinisiatif menerapkan sejumlah teknologi terdepan untuk membantu konsumennya. Di masa depan, pengendaraan mobil akan menjadi semakin mudah, semakin praktis, semakin aman, dan semakin hemat bahan bakar.

Inilah lima fitur canggih yang akan hadir di sejumlah mobil terbaru. Beberapa di antaranya bahkan sudah diterapkan oleh sejumlah pabrikan di produk terbarunya.




1. Peringatan tabrakan dengan pengereman otomatis





Dalam waktu dekat sejumlah pabrikan bakal menghadirkan fitur ini pada sejumlah produknya. Sistem radar dan kamera yang dapat memperingatkan Anda, lengkap dengan bunyi jika ada kemungkinan kecelakaan. Beberapa sistem bahkan bisa menghentikan mobil, atau setidaknya memperlambat untuk meminimalisir kerusakan.

Sistem yang lebih canggih bisa mengerem ketika mobil keluar dari jalur dan mengarah ke sebuah objek tetap ataupun bergerak. Sistem itu merupakan kelanjutan dari sistem Adaptive Cruise Control, yang muncul sejak 15 tahun lalu dan dapat membantu menjaga mobil berada di jarak yang aman dari mobil yang ada di depan.

Mercedes-Benz, Honda, Ford, Toyota, Nissan/Infiniti, Volvo, dan sejumlah pabrikan lainnya disebut segera menawarkan fitur pengereman otomatis untuk menghindari tabrakan.

2. Kamera canggih

Car Rearview Mirror
Penggunaan kamera akan banyak muncul di sejumlah mobil terbaru. Nantinya kamera tidak hanya diletakkan di belakang mobil karena harganya yang sudah semakin murah.
Honda menyiapkan kamera samping yang terhubung dengan lampu sein, sehingga pengemudi dapat melihat lebih mudah apakah ada objek di samping mobil ketika berbelok. Honda Accord terbaru sudah menerapkan fitur ini.

Nissan juga menyematkan penggunaan kamera canggih di Nissan Rogue untuk membantu parkir. Volvo dan Subaru memiliki kamera depan yang dipasang untuk penerapan rem otomatis untuk mencegah menabrak pejalan kaki.
Penggunaan kamera canggih disebut akan mulai ramai pada 2015 atau 2016.

3. Lane centering

Lane Centering
Lane centering adalah sistem yang memfungsikan kamera mengikuti jalan dan memastikan mobil tetap berada pada jalur yang seharusnya. Lane centering adalah perkembangan dari lane-keeping system yang pertama kali muncul di truk komersil pada satu dekade lalu.
Sistem tersebut telah ditawarkan oleh Honda, Nissan dan lainnya dengan fungsi bunyi 'bip' atau kursi pengemudi yang bergetar jika mobil mulai melenceng dari jalur.

4. Adaptive headlights & high beam lights

adaptive headlights
Audi, Mercedes-Benz, Honda/Acura, Mazda dan lainnya kini memiliki teknologi adaptive headlights yang memungkinkan lampu dapat berputar ke arah mobil bergerak untuk membantu pengemudi melihat keadaan sekitarnya ketika mobil berbelok.

High beam lights secara otomatis akan mengurangi terangnya lampu mobil ketika ada mobil lain yang berjalan di arah yang berlawanan agar tidak menyilaukan pengemudi lainnya

5. Engine stop-start

Salah satu fitur harus dimiliki mobil terbaru adalah sistem engine stop-start yang otomatis mematikan mesin mobil ketika berhenti di lampu lalu lintas, dan secara otomatis akan menyalakan mesin mobil ketika pengemudi melepas rem.
Sistem ini adalah elemen penting dari 'kampanye' yang dilakukan pabrikan mobil untuk menciptakan mobil yang hemat bahan bakar.
Share this post :

Posting Komentar

komentar anda sangat kami butuhkan, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.!

 
Support : Raflyzea Agara | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Raflyzea.agara - All Rights Reserved
Template Created by Raflyzea Agara Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger